Membuat Hotspot dengan Mikrotik

 Membuat Hotspot dengan mikrotik

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan cara membuat hotspot dengan menggunkan mikrotik. Sebelum lanjut ke cara konfigurasinya, disini tersedia beberapa perangkat yang dibutuhkan dalam membuat hotspot, diantaranya:

  1. Laptop
  2. Mikrotik
  3. Kabel UTP

Setelah mengetahui perangkat yang dibutuhkan dalam konfigurasi hotspot, selanjutnya saya akan memberikan gambaran pada pemasangan setiap perangkat.

Pada mikrotik, kita pasangkan kabel utp pada port 1 dan disambungkan pada ISP, dan untuk port 2, kita sambungkan pada laptop yang akan digunakan untuk konfigurasi pada winbox.



Setelah memasang perangkat yang dibutuhkan, jadi langsung saja kita mulai tata caranya.

Yang pertama adalah kita login pada aplikasi winbox untuk mengatur ap-brige yang akan digunakan, pada tab interface kita pilih wlan1, kemudian kita pindahkan pada tab wireless. Disini kita akan mengubah beberapa bagian diantaranya

Mode= pada mode, kita ganti menjadi ap-bridge untuk dijadikan sebagi access point.

Band= pada band, kita pilih 2GHz-B/G/N, dan perangkat yang terhubung memiliki frekuensi 2,4 GHz.

SSID= SSID merupakan nama pada hotspot yang akan dibuat, jadi masukkan nama bebas saja.

Setelah selesai pada bagian interface, kita akan menambahakn IP untuk ap-bridge, untuk menambahkan IP klik pada IP>Addresess.

Kemudian masukkan IP yang akan digunakan sebagai ap-brige, contoh IP nya 10.10.10.1/24, dan dibagian interface kita pilih wlan1.

Setelah memasukkan IP pada wlan1, kita juga bisa menambahkan DHCP.

Untuk menambahakan DHCP klik pada IP> DHCP Server> DHCP Setup, kemudian tinggal next> next> next> next> next dan akan keluar textbox yang menunjukan DHCP Server sudah selesai.

Selanjutnya kita akan mengatur pada bagian hotspot, klik pada IP> Hotspot> Hotspot Setup.

Pada bagian Hotspot Setup interface yang digunakan adalah wlan1, kemudian next> next dan sampai pada bagian dns name, pada dns name ini kita bebas untuk memasukkan namanya, saya akan memberikan nama dns menjadi maoel.net selanjutnya next.

Kemudian pada bagian username dan password kita isi sesuka hati kita, disini saya akan memberikan contoh untuk username=admin dan password=admin. Lalu klik next dan akan ada textbox yang menjelaskan setting hotspot telah selesai.

Untuk mengecek apakah hotspot sudah selesai dengan masuk ke browser dan masukkan dns yang kita isi tadi, setelah memasukkan dns name pada kolom percarian kita akan diarahkan pada page login yang akan memasukkan username dan password tadi.

Comments

Popular posts from this blog

Pembuatan Website - Produk Kreatif Kewirausahaan Dasar

Contoh soal tentang produk kreatif kewirausahaan